Tuesday, October 31, 2006

Penyimpangan Posisi

Pada postingan sebelumnya saya sudah menyinggung tentang datum peta yang kata teman saya adalah sumber masalah dari bergesernya posisi stasiun pengamatan dari survey yang dia lakukan. Setelah menulis postingan tersebut, rasa penasaran saya semakin bertambah: saya ingin tahu seberapa jauh sebenarnya penyimpangan yang terjadi kalau hasil pengukuran posisi geodetis dari GPS dengan datum WGS84 ditransformasikan ke Bessel 1841. Rasa penasaran ini muncul setelah saya mencoba menggambarkan garis pantai hasil translasi/transformasi kawan saya itu (akibat ketidakcocokan posisi geodetik ketika melakukan survey di lapangan) dan posisi stasiun pengamatannya, serta meng-overlay-nya dengan garis pantai full resolution dari GSHHS (Global Self-consistant Hierarchical High-resolution Shorelines). garis pantai yang berwarna biru adalah hasil translasi garis pantai yang dilakukan teman saya, sementara warna hijau menunjukkan garis pantai dari GSHHS. Kotak merah menunjukkan posisi stasiun pengamatan.

Hasilnya tentu saja mengejutkan, karena penyimpangan yang terjadi sangat besar. Apakah benar penyimpangan yang terjadi bisa sebesar itu? Tentu saja ini menjadi pertanyaan yang menarik untuk dilihat lebih jauh. Saya pun mencoba membuat program untuk mentransformasikan posisi geodetik dari datum WGS84 ke Bessel 1841 berdasarkan rumus yang ada di website Peter H. Dana yang sudah saya sebutkan dalam tulisan sebelumnya. Selanjutnya, setelah melakukan pengujian untuk meyakinkan bahwa program yang saya buat sudah benar, saya mencoba untuk melihat berdasarkan lintang pergeseran yang terjadi dari posisi geodetik dengan datum yang berbeda itu (pergeseran posisi bujur relatif sangat kecil). Saya dapatkan bahwa pergeseran terbesar terjadi di lintang menengah (lihat gambar).

Untuk lebih meyakinkan lagi, saya pun menggunakan software lain yang tersedia bebas di dunia maya yaitu Geotrans. Secara umum hasilnya hampir sama saja. Adapun untuk daerah dekat ekuator penyimpangan yang terjadi maksimum hanya sekitar 1" atau sekitar 30 meter saja.

Dari hasil utak-atik seperti itu, timbul pertanyaan: kenapa hasil survey kawan saya itu memberikan posisi geodetik yang jauh berbeda (hingga ratusan meter)? Apakah hal ini terjadi karena kesalahan GPS yang digunakan? Masalahnya, ketika coba dioverlay dengan data garis pantai dari Dishidros TNI AL pun hasilnya hampir sama dengan gambar di atas. Ada yang bisa menjelaskan?

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

gak bisa menjelaskan pak, tapi ingin tahu lebih banyak latar belakangnya. Kalau boleh peta hasil overlay nya diberi koordinat lintang bujur juga. Kemudian produsen GPSnya, mungkin ada penjelasan di manual dan atau bug / FAQ nya? Juga kondisinya saat digunakan

mona

1:47 AM  
Anonymous Anonymous said...

Tolong di cek semua parameter yang ada dulu pak,,,kemudian Gps yang kita pakai typenya apa dan tentunya kita harus tahu spesifikasi yang ada pada masing - masing gps. karena setahu saya pada umumnya pergeseran posisi itu yang paling berpengaruh adalah system parameternya, kalau sudah di cek semua parameter sudah benar tinggal pada saat pengamatan apakah metode kita sudah benar apa tidak aja.



asyhari

8:22 PM  
OpenID abduh137 said...

yth pak agus, saya sedang melakukan assessment freespan terhadap subsea pipeline. yg ingin saya tanyakan kpd bpk, apakah ada data-data ini:
- seabed profile untuk laut indonesia
- prediksi/estimasi perubahan seabed profile
terima kasih atas bantuan informasinya yang sangat berharga.

salam,
abduh

1:56 AM  
Blogger Ki Ageng Pamanjaran said...

http://romansecuil.blogspot.com
http://tafakurhati.blogspot.com

3:27 AM  
Anonymous Anonymous said...

Teman,

Untuk melakukan transformasi datum dari WGS-84 ke Bessel 1841 diperlukan perhitunga yang sangat rumit. Harus dicari terlebih dulu 7 unsur transformasi yaitu Translasi sumbu x,y,z, Rotasi z,y,z dan skala (dz,dy,dz,rx,ry,rz dan s). Untuk mendapatkan 7 unsur tersebut diperlukan titik kontrol yang dual koordinat minimal 3. dan dengan perhitungan yang lumayan rumit pakai deret multiplicator langrance dsb dsb.

Jadi kesalahan Anda atau temen anda saya kira waktu memasukkan 7 unsur tsb waktu transformasi. Karena tanpa memasukkan unsur tersebut maka beda posisi antara WGS-84 dengan Bessel 1841 bisa mencapai 200 meteran....???

Silahkan cari teman Geodesy Anda untuk memperdalam hal ini...

Salam,
Wibi

6:36 PM  
Blogger remaja muda said...

beautiful.
blog spongebob http://oke-sexoke.blogspot.com/

7:07 AM  
Blogger vj said...

blog yang indah. ayo join gratis 100% membernya masih sedikit bro. http://adepromo.com/?id=via

10:26 PM  
Blogger 天氣晴朗 said...

錢,給你帶來歡愉的日子,但不給你帶來和平與幸福..................................................

6:08 AM  
Blogger 龐克搖滾 said...

肯定與支持你!!!加油囉~........................................

5:09 AM  
Blogger Kaizen Imperial said...

Water Level Recorder developed by KaizenImperial is based on New Technology, essentially to monitor, measure and record fluctuations in water level of ground water as well as surface water.

12:57 AM  

Post a Comment

<< Home