Wednesday, September 27, 2006

Over dan Compound Tides

Kemarin ada seorang kawan, teman kuliah dulu selama S2, yang sekarang sedang mengambil program Doktor di Jepang menanyakan tentang periode komponen pasang surut (pasut) M4, karena kebetulan Profesornya menyuruhnya untuk menganalisis komponen pasut tersebut.

Komponen pasut M4 termasuk ke dalam kategori overtide, yaitu komponen pasut yang laju (speed) nya 2 kali laju komponen M2. Ada juga komponen pasut M6 yang lajunya 3 kali laju komponen M2, lalu M8 yang 4 kalinya.

Perdefinisi, yang disebut dengan overtide adalah sebuah komponen pasut harmonik (atau arus pasut) dimana lajunya merupakan perkalian eksak dari laju suatu komponen dasar pasut yang dibangkitkan dari gaya pembangkit pasut. Biasanya overtide ini muncul atau dominan di perairan dangkal. Overtide yang biasa ditinjau dalam analisis pasut adalah yang dibangkitkan oleh komponen utama principal lunar M2 dan solar semi diurnal S2 dengan lambang M4, M6, M8, S4, S6, dst.

Supaya yakin saya tidak ngawur dalam meberikan definisi, berikut definisi dalam bahasa Inggrisnya:

Overtide is a harmonic tidal (or tidal current) constituent with a speed that is an exact multiple of the speed of one of the fundamental constituents derived from the development of the tide-producing force. The presence of overtides is usually attributed to shallow water conditions. The overtides usually considered in tidal work are the harmonics of the principal lunar and solar semi diurnal constituents M2 and S2, and are designated by the symbols M4, M6, M8, S4, S6, etc. The magnitudes of these harmonics relative to those of the fundamental constituents are usually greater in the tidal current than in the tide.

Laju atau speed sendiri rumusnya adalah 360/T, satuannya derajat per jam matahari (deg per solar hour) . Jadi kalau periode komponen M2=12,42 jam, maka lajunya adalah 360/12,42=28,985 derajat/jam. Maka laju M4= 2*28,985 dst. Lalu, karena teman saya itu nanyanya periode, bukan laju, berapa dong jadinya periode M4? Ya gampang saja, laju = 360/T, kalau laju M4=2*laju M2, maka periode M4 ya separuhnya periode M2.

Selain overtide, ada juga istilah compound tide. Contoh komponen pasut yang masuk kriteria compound tide adalah MS4, 2SM2, 2SM6, dan 2MS6. Keempat compound tide tersebut merupakan hasil interaksi antara komponen pasut utama M2 dan S2, dan mereka juga termasuk komponen perairan dangkal. Ada juga juga MNS6 yang merupakan interaksi dari komponen pasut M2, N2, dan S2.

Perdefinisi, yang disebut dengan compound tide adalah suatu komponen pasut yang terbentuk dari hasil interaksi antara beberapa komponen pasut utama (primary constituents). Definisi bahasa Inggrisnya begini bunyinya: A compound tide is a constituent arising from the interaction between other primary constituents

Lalu, bagaimana menghitung laju komponen-komponen compound tide tersebut?

Laju MS4=laju M2 + laju S2
Laju 2SM2=laju S2 - laju M2
Laju 2SM6=2*laju S2 + laju M2
Laju 2MS6=2*laju M2 + laju S2
Laju MNS6= laju M2 + laju N2 + laju S2

Jadi kalau kita tahu laju dari komponen utamanya, dengan mudah kita bisa mendapatkan laju compound tide tersebut.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

selamat Hari Raya Idul Adha dan Tahun Baru 2007 mas Agus.
Tulisannya sangat membantu saya dalam menganalisis kondisi pasut didaerah kajian saya.
Di kawasan Delta Mahakam dominan pasut yg terjadi adalah M2 (yg di generate oleh pasut dari Selat Makassar, namun pada saat memasuki Sungai Mahakam komponen pasut M2 mulai tereduksi olah komponen pasut M4 dengan periode 6.21 jam, Jadi telah terjadi overtide di alur Sungai Mahakam yang sangat berpengaruh dalam proses transport sedimen dari upstream ke downstream.

Salam

dari Japan

idris

5:32 AM  
Blogger Hasta said...

Kenalan yuk, saya Fajri Dwihastasi Justitianto. Saya lulusan oseanografi UNDIP. Mau tanya tentang compound tides. SAya baca buku tidal hydrodynamics yang dituis oleh bruce B. parker ada tulisan seperti ini
"Saat M2 dan N2 fasanya sama, tinggi air terjadi pada saat yang sama, kedalaman total di bawah puncak gelombang dari kombinasi kedua gelombang tersebut akan lebih besar dibandingkan jika kedua gelombang tersebut berada diluar fasa 13,8 hari kemudian.
Kedalaman total dibawah lembah M2 dan N2 berada dalam fasa akan lebih kecil dibandingkan jika berada diluar fasa.
Sehingga M4 ang dibangkitkan akibat kedalaman yang lebih besar pada puncak dibandingkan pada lembah, akan dimodulasikan oleh 27,6 hari variasi dari efek kombinasi M2 + N2 yang akan menimbulkan modulasi M4 27,6 hari dan komponen baru NM4."
saya bingung, saya udah bikin grafiknya tapi masih bingung, gimana membedakannya. trims

9:00 PM  

Post a Comment

<< Home