Tuesday, September 26, 2006

Model Oseanografi

Salah satu pekerjaan oseanografer adalah menjadi modeler, tapi bukan untuk merancang pakaian musim panas dingin, atau berjalan-jalan ganjen dan culun di atas titian kucing (cat walk) , tetapi mencoba mentransfer fenomena oseanografi ke dalam persamaan-persamaan diskrit/numerik. Banyak hal bisa dimodelkan, dari yang paling sederhana hingga yang rumit amit-amit. Model seperti ini biasa disebut sebagai model numerik.

Salah satu kegunaan dari model numerik dalam bidang oseanografi adalah untuk mempelajari perilaku laut secara lebih mudah dan murah tetapi detail. Mudah dan murah karena kita tidak perlu pergi ke laut, tahu sendiri kan, survey oseanografi itu cukup mahal dan sulit. Detail, karena kita bisa menjadikan lokasi penelitian kita di laut menjadi sel-sel hingga skala yang cukup rapat.

Dalam perkembangan ilmu oseanografi, model numerik ini cukup banyak membantu para oseanografer dalam menjelaskan fenomena-fenomena yang teramati di alam dengan lebih mendalam. Beberapa yang cukup populer adalah model Stommel yang berhasil menjelaskan fenomena intensifikasi arus di batas barat (western boundary currents) dan model Sverdrup mengenai sirkulasi laut (silahkan lihat di sini untuk penjelasan agak detail).

Saat ini, sepertinya hampir semua pekerjaan oseanografer banyak terbantu dengan model numerik, apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komputasi. Di dunia maya saat ini pun banyak bertebaran model-model numerik oseanografi yang gratis, mulai dari yang hanya 1-D, 2-D, hingga yang 3-D dengan berbagai macam metode yang berbeda-beda dan keunggulan masing-masing. Beberapa diantaranya adalah Princeton Ocean Model (POM), Hamburg Shelf Ocean Model (HAMSOM), Modular Ocean Model (MOM), Bergen Ocean Model (BOM), dll. untuk model sirkulasi laut. WaveWatch III untuk model gelombang laut, Oregon State University Tidal Inversion Software (OTIS) untuk model pasang surut dengan asimilasi data dengan metode inversi, dan masih banyak lagi yang lain. Semua model yang saya sebutkan di atas bisa diunduh dengan gratis.

Dalam menjalankan model numerik kita perlu berhati-hati, jangan sampai terjadi "garbage in, garbage out". Bisa dipastikan, jika kita sudah melaksanakan langkah-langkah untuk menjalankan sebuah model sesuai dengan prosedur yang ada dalam user guide, model akan memberikan hasil. Tetapi hasil model itu belum tentu benar, apalagi jika kita salah dalam memberikan input atau mengatur syarat batas. Maka dari itu, diperlukan kehati-hatian dalam menjalankannya, dan tentu saja diperlukan juga pemahaman yang baik tentang model numerik dan hal-hal yang berkaitan dengan oseanografi.

10 Comments:

Anonymous anit said...

salam kenal...
sy anit mahasiswa Untad Palu.informasinya bagus banget..
entahlah, ada kaitannya atau tidak tapi sy ingin tanya ke bapak ada tidak program yang bisa digunakan untuk memodelkan perubahan garis pantai?
mohon bantuannya, email anit_garuda@yahoo.com
terima kasih

3:43 PM  
Anonymous anit said...

boleh tau emailnya g pak?
thanks

5:54 PM  
Anonymous tezar said...

Asalamualaikum,saya ejanK, saya mu nanyak sebenarnya oseanogarafi itu apa si? trus apa bener oseanografi itu condong ke fisika?
Mohon bantuanya,
Tezar_R@yahoo.co.id
Thanks.

8:51 PM  
Blogger Pranata said...

salam kenal...
Saya Adi Surya Pria Pranata, Alumni Oseanografi Universitas Diponegoro..
ada beberapa program dan soft yang dapat memodelkan perubahan garis pantai...
1. program genesis
2. Soft SMS modul GENESIS
3. CEDAS modul NEMOS
4. Mike modul LITPACK, LITLINE dll
5. Genius
mungkin saudara bisa mengajukan magang di instansi2 terkait seperi BPPT dll..
semoga informasi saya dapat berguna bagi saudara..
terimakasih...

2:10 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ass.....

Salam kenal....

Saya sangat tertarik dengan paparan singkat dalam blog ini, terutama terkait MODEL OSEAMOGRAFI.

Saya saat ini sedang menempuh S2 Teknologi Kelautan ITS, ambil bidang keahlian pantai; saya sedang mengerjakan tesis tentang proses pantai dan oseanografi....

Bisakah saya mohon bantuannya untuk memperoleh pencerahan dan software+manual software untuk pemodelan oseanografi (arus, gelombang, transport sedimen dan perubahan garis pantai) sebagaimana disebutkan dalam blog ini...POM, dll.....

Terimakasih.
Aries DS
Mahasiswa S2 Teknologi Kelautan ITS
email: ariesdwisiswanto@yahoo.co.id; aries.ds@gmail.com

7:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

salam kenal...
saya ani alumni ilmu kelautan Unhas-Makassar
Saya ingin menanyakan ada tidak program yang bisa digunakan tentang penyebaran minyak/zat pencemar lainnya diperairan dan tentang prediksi volume minyak/zat pencemar lainnya yang akan tersebar dalam suatu daerah beberapa tahun yang akan datang??
Mohon bantuannya.Terimakasih

9:42 PM  
Blogger anhy said...

salam kenal...
saya anhy mahasiswi ilmu kelautan unhas makassar
saya ingin menanyakan ada tidak program/software yang bisa digunakan untuk melihat bagaimana penyebaran suatu minya/zat pencemar lainnya di perairan dan bsa tida diprediksi berapa volume minya/zat pencemar yang tersebar dalam beberapa tahun ke depan??
mohon bantuannya, email hasriyanihafid_mks@yahoo.com
Terimakasih

9:55 PM  
Anonymous Anonymous said...

salam kenal

saya Adias Sumantri

yang saya ingin ketahui apakah dengan POM kita dapat memodelkan lapisan stabil dan tidak stabil?

yang berhubungan dengan baroclinic 3D

mohon di arahkan sehingga saya mendapatkan sebuah gambaran

saya tunggu dan terima kasih sebesar-besarnya akan jawabannya

4:07 PM  
Blogger Gendewa Tunas Rancak said...

salam kenal

saya Dewa
mahasiswa S2 Kelautan ITS, bidang minaat Teknik Manajemen Pantai

saya masih baru di duniakelautan (karena sebelumnya bukan berasal dari jurusan kelautan), apalagi software2 kelautan dan oseanografi.

yg saya ingin tanyakan adalah
kira-kira, apa software yg tepat untuk memodelkan, memproyeksikan, dan memprediksi
pencemaran laut dan penyebarannya;
perubahan iklim yang berdampak pada lingkungan laut;
permodelan kelautan untuk pengelolaan pulau kecil

terimakasih
salam
Dewa
denartr@gmail.com

8:41 PM  
Blogger bonggo pribadi said...

saya mahasiswa STMKG nama saya bonggo pribadi saya ingin menanyakan apakah anda punya referensi mengenai model wavewatch III khususnya teori-teorinya
terimakasih

4:32 PM  

Post a Comment

<< Home