Tuesday, September 12, 2006

Air Laut yang Selalu Bergerak

Bumi kita dikelilingi oleh dua lautan yang sangat luas: lautan udara dan lautan air. Keduanya berada dalam keadaan bergerak yang tetap, dibangkitkan oleh energi dari matahari dan gaya gravitasi Bumi. Gerakan-gerakan mereka saling berhubungan: angin memberikan energinya ke permukaan laut sehingga menghasilkan arus laut, dan arus laut membawa energi panas dari satu lokasi ke lokasi lainnya, mengubah pola temperatur permukaan Bumi dan juga mengubah sifat-sifat fisis udara di atasnya.

Di laut terbuka, air laut digerakan oleh dua sistem angin. Di dekat khatulistiwa, angin pasat (trade wind) menggerakkan permukaan air ke arah barat. Sementara itu, di daerah lintang sedang (temperate), angin baratan (westerlies wind) menggerakkan kembali permukaan air ke timur. Akibatnya di samudera-samudera akan ditemukan sebuah gerakan permukaan air yang "membundar". Di belahan bumi utara, angin ini membangkitkan arus yang bergerak searah jarum jam, sementara itu di belahan bumi selatan dia bergerak berlawanan arah jarum jam.

Arus laut, baik yang di permukaan maupun di kedalaman, berperan dalam iklim di Bumi dengan cara menggerakkan air dingin dari kutub ke daerah tropis dan sebaliknya. Sistem arus global yang mempengaruhi iklim di Bumi ini biasa disebut sebagai "Great Ocean Conveyor Belt" atau dalam bahasa Indonesia saya biasa menyebut sebagai "Sabuk Arus Laut Dunia".

Air laut selalu dalam keadaan bergerak. Arus laut bergerak tak ubahnya arus di sungai, gelombang laut bergerak dan menabrak pantai, dan gaya gravitasi bulan dan matahari mengakibatkan naik turunnya air laut dan biasa disebut sebagai fenomena pasang surut laut.

Arus laut tercipta karena adanya pemanasan di beberapa bagian Bumi oleh radiasi sinar matahari. Air yang lebih hangat akan "mengembang", membuat sebuah kemiringan (slope) terhadap daerah sekitarnya yang lebih dingin, dan akibatnya air hangat tersebut akan mengalir ke arah yang lebih rendah yaitu ke arah kutub yang lebih dingin daripada ekuator.

Gelombang laut tercipta karena adanya transfer energi dari angin ke permukaan laut. Energi yang tertransferkan ini akan bergerak melintasi permukaan laut, dimana air laut sendiri bergerak dalam gerakan "membundar" (circular motion) di bawah permukaan laut.

Pasang surut (pasut) laut adalah gerakan berirama dan dapat diramalkan yang dibangkitkan oleh gaya gravitasi bulan dan matahari. Rentang pasut dapat bervariasi secara "dramatis", bergantung pada bentuk (morfologi) perairannya. Di beberapa tempat , beda antara pasang tertinggi dan surut terendah (rentang pasut) bisa mencapai puluhan meter.

9 Comments:

Anonymous roffi said...

Ini teori kuliah ya?

Tolong kutip darimana anda menerjemahkannya. Atau kalau karangan sendiri ya lebih baik anda menyebutkan siapa yang mengarangnya

Lestarikan alam Indonesia!!!

4:05 PM  
Anonymous Anonymous said...

Arus laut tercipta karena adanya pemanasan di beberapa bagian Bumi oleh radiasi sinar matahari. Air yang lebih hangat akan "mengembang", membuat sebuah kemiringan (slope) terhadap daerah sekitarnya yang lebih dingin, dan akibatnya air hangat tersebut akan mengalir ke arah yang lebih rendah yaitu ke arah kutub yang lebih dingin daripada ekuator.

Comment :

Om Agus,
Saya pikir, slope akibat thermal expansion tidaklah secara langsung menggerakan arus, melainkan harus ditinjau heat budgetnya dahulu. Check dech di Samudra Hindia.. apa arusnya bergerak ke Artik ?

Yg lebih tepat slope yg diakibatkan oleh angin yg berhembus akibat adanya variasi spasial & temporal pemanasan permukaan laut.

Om Roffi,

Kalau tulisan ini buatannya Om Agus, untuk apa dia pengunguman yg ngarang ? Itu namanya Redundant.. alias sia2 alias ngapain.. ada2 aja. Wong Om Agus nulis di blog nya dia.

7:07 PM  
Blogger oseanografi said...

# anonym:
thx utk penjelasannya. seharusnya, mengembangnya air yang lebih hangat merupakan salah satu penyebab dibangkitkannya arus selain faktor2 lainnya seperti hembusan angin.

1:08 AM  
Blogger fahriza said...

Setahu saya terciptanya arus tidak lain karena adanya radiasi dari sinar matahari yang menyebabkan tekanan udara di belahan bumi berbeda,akibat dari tekanan udara tersebut maka udara melakukan pergerakan,pergerakan udara yang melewati permukaan air akan menyebabkan permuakaan air mengalami pergerakan pergerakan air itu yang kita namakan Arus

8:27 AM  
Anonymous Anonymous said...

Tanya dikit dong...kalau arah atau jalur kapal laut dari berbagai daerah menuju daerah lain itu disebut apa ya..? tolong dong...!!!arus laut atau apa...?

2:29 AM  
Anonymous Anonymous said...

ko arah arus laut di permukaan selalu mengarah ke pantai?????
kenapa ya?????

9:17 PM  
Anonymous Anonymous said...

biasanya arus laut juga terpengaruh dengan pasang surut air laut.
kecepatan angin dan arus laut juga menimbulkan gelombang yang sangat besar dan berbahaya bagi pelaut.
tolong dijelaskan secara rinci.

arus laut juga memberikan kehidupan didalam laut, tanpa arus tidak akan ada terumbu karang.

5:33 AM  
Blogger ulul albab said...

tolong ya berikan penjelasan kenapa gelombang selalu bergerak ke daratan,dan ada namanya angin darat dan angin laut, apakah mempengaruhi pergerakan gel. laut

5:14 PM  
Blogger geografi said...

arus laut seolah selalu bergerak ke darat karena masa air yang bergerak dari tekanan maksimum pada kedalaman yang lebih dalam menuju tekanan minimum pada yang lebih dangkal. begitupun halnya angin, selalu bergerak dari tekanan maksimum menuju tekanan minimum (Buys Ballot) jika suhunya rendah maka tekanannya menjadi maksimum karena molekul/atomnya semakin merapat, sementara pada saat suhu panas molekul/atom merenggang sehingga tekanannya minimum. darat sifatnya lebih cepat menyerap panas dan cepat juga melepas panas, sedangkan laut lebih lama menerima panas tetapi lama juga menyimpan panasnya, sehingga siang hari daratan relatif lebih panas dan malam hari lautan relatif lebih hangat

2:32 AM  

Post a Comment

<< Home