Friday, July 29, 2005

Nginstall NetCDF Toolbox


Buat anda yang sudah baca tips baca NetCDF dgn Matlab dan mentok di syarat kedua, jangan kuatir, selalu ada jalan keluar dari masalah yang anda hadapi, optimislah!

Pada bagian ini saya akan mencoba membuat ringkasan bagaimana anda dapat meng-install NetCDF Toolbox di PC anda. Langkah-langkah yang saya tulis di sini saya terjemahkan secara bebas dari NetCDF Toolbox Home Page. Tapi sekali lagi, ini bukan asal nerjemahin aja, tapi juga sudah dicoba dan berhasil. Silahkan ikuti langkah demi langkah berikut ini (jangan meloncat ya, tapi melangkah!)

  1. Langkah pertama: download mexcdf53_pcwin_install.m (untuk Windows, untuk sistem operasi lain, lihat halaman web yang saya berikan di atas). Simpan di direktori $Matlab\toolbox ($Matlab berarti direktori Matlab anda, misal program Matlab anda ada di C:\Programs\Matlab, maka itulah $Matlab anda).
  2. Langkah kedua: download NetCDF Toolbox (netcdf_install.m, untuk semua sistem operasi). Simpan juga di direktori $Matlab\toolbox
  3. Langkah ketiga: jalankan Matlab.
  4. Langkah keempat: dari Matlab prompt, masuk ke direktori $Matlab\toolbox dan eksekusi mexcdf53_pcwin_install.m yang telah anda download tersebut (caranya ketikan perintah run mexcdf53_pcwin_install dan tekan enter, lalu tekan sembarang tombol). Program ini akan mengembangkan diri di dalam direktori toolbox\mexcdf53_pcwin
  5. Langkah kelima: Setelah berhasil mengembangkan diri, akan ada petunjuk lebih lanjut yaitu: salin mexcdf53.dll dan netcdf.dll ke $Matlab\bin dan $Matlab\bin\Win32, tambahkan kedua path tersebut ke dalam path Matlab anda, caranya klik menu File dan pilih Set Path, lalu pilih Add Folder. Setelah kedua folder di atas di tambahkan ke dalam path Matlab anda, klik Save.
  6. Langkah keenam: keluarlah dari Matlab, kemudian panggil kembali (restart). Coba ketikan mexcdf53 dan tekan enter. Jika tidak ada pesan kesalahan, berarti anda sudah berhasil menginstall mexcdf53, lanjutkan dengan langkah selanjutnya. Jika ada pesan kesalahan, coba teliti lagi langkah ke-5 atau sebelumnya, mungkin anda grogi atau tidak konsen jadi ada yang kelupaan atau salah. Ayo yang konsen dan teliti!
  7. Langkah ketujuh: dari Matlab prompt, masuk ke direktori $Matlab\toolbox dan eksekusi netcdf_install.m (caranya ketikan perintah run netcdf_install dan tekan enter). Program ini harus dijalankan setelah mexcdf53 berhasil diinstall, jadi jangan berani-berani mengerjakan langkah ketujuh jika langkah keenam anda gagal total!
  8. Langkah kedelapan: setelah anda menjalankan langkah ketujuh, program netcdf akan mengembangkan diri di dalam direktori toolbox\netcdf
  9. Langkah kesembilan: tambahkan path netcdf, netcdf\ncfiles, netcdf\nctype, dan netcdf\ncutility ke dalam path Matlab anda (cara seperti pada langkah kelima).
  10. Langkah kesepuluh: keluarlah dari Matlab, kemudian panggil kembali (restart). Selanjutnya ketikan rehash toolboxcache dan tekan enter dari Matlab prompt, lanjutkan dengan mengetikan tnetcdf dan tekan enter. Jika instalasi anda benar, maka akan terbuka layar dialog NetCDF Browser. Selamat, anda sudah berhasil menginstall NetCDF Toolbox di komputer anda.

3 Comments:

Blogger oseanografi said...

mohon maaf, petunjuk ini sepertinya sudah tidak berlaku lagi, karena alamat untuk mengunduh mexcdf sudah tidak aktif lagi... :)

2:07 AM  
Blogger fahmichabibi said...

waduh..trus gmn ni ?
ada link yg msh aktif ?

6:23 PM  
Blogger ida bagus said...

mas mau nanya kalo menampilkan animasi dari ODV bisa diatur ga ya kecepatannya? masalahnya kemaren saya coba tpi belum nemu buat ngatur kecepatannya..terimakasih

4:24 PM  

Post a Comment

<< Home